Minggu, 15 Mei 2011

Tradisi Konvoi


Senin, 16 Mei 2011 pengumuman hasil UN. Sudah menjadi makanan kita bersama setelah pengumuman biasanya anak-anak pelajar SMA/Sederajat melakukan konvoi usai pengumuman UN. Konvoi adalah bentuk rasa senangnya seorang pelajar yang telah Lulus dari Ujian Nasional. Baju seragam disemprot warna merah, hijau, biru, hitam, dan pink. Bentuk coroetan dan tanda tangan di baju seragam itu menunjukkan kesenangan mereka.

Konvoi dengan menggunakan kendaraan bermotor yang beraksi di jalan-jalan kota itu biasanya mengundang tontonan bagi warga sekitar. Mereka mengitari kota yang ada ditempatnya secara bersama-sama dengan rekan pelajar yang lain dan berjingkrak-jingkrak di atas motor.

Terkadang adanya konvoi pelajar ini dapat menyebabkan macetnya jalan raya. Maka dari itu pihak polisi setempat harus siap siaga besuk pagi dan menjaga keamanan di jalan. Agar tidak terjadi tindak kekerasan dari pihak pelajar yang melakukan konvoi tersebut.

Diharapkan agar pelajar yang besuk pagi melakukan konvoi tidak melakukan hal-hal yang tidak baik/malah merugikan orang lain. Serta jangan sampai melakukan tindak kekerasan yang akan menimbulkan kerisuhan antar pelajar.

Selamat buat seluruh pelajar yang LULUS dalam UN tahun ini, dan bagi Pelajar yang BELUM LULUS diharapkan jangan berkecil hati. Tetap sabar dan berusaha terus untuk menuntut ilmu agar kelak bisa lebih baik lagi. Semangat dan Semangat!!!!

Heru Cahyono, Mahasiswa Fakultas Dakwah Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN SUKA Yogyakarta 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar