Rabu, 11 Mei 2011

Komunikasi Untuk Toleransi KPI 2010



Yogyakarta, Sabtu 07 mei 2011. Mahasiswa Prodi KPI Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Angkatan 2010 telah usai melaksanakan Studi Lapangan di Vihara Candi Mendhut dan dilanjutkan Wisata di Candi Borobudur untuk melihat dan mendalami relief yang ada di Candi tersebut.

Acara Studi Lapangan ini dilaksanakan untuk memenuhi materi dan tugas mata kuliah Sejarah Agama-agama yang dibimbing oleh Dra. Evi Septiani Tavip Hayati, M.Si. Pelaksanaan acara ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya perjuangan dari panitia pelaksana dan teman-teman mahasiswa yang menjadi sebagai peserta Studi. Maka dari itu kami selaku panitia menucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu hingga berjalannya acara ini. Sekretaris Panitia**

Dalam studi ini, kita mengadakan dialog bersama bante Jodidamo dari Vihara Candi Mendhut. Disana kita dijelaskan apa itu Agama Budha dan bagaimana agama Budha bisa ada "Sejarah Budha". Selesainya penjelasan dari Bante Jodidamo, antusias peserta dalam menanggapi dan menyampaikan pertanyaan kepada bantenya sangat meriah dan berebut untuk dapat berdialog dengan bante secara langsung.

Selesainya berdialog, pemberian cindera mata dan kenang-kenangan kepada Bante selesai. Maka sesi yang ditunggu oleh temen-temen untuk berfoto ria dengan bante dilaksanakan. Alhamdulillah berjalan dengan lancar walau bergilir tiap kelompok/kelas. Ada yang berfoto bareng di dalam vihara, dan ada juga di taman.

Candi Borobudur adalah tujuan tempat berikutnya setelah selesai melaksanakan dialog di Vihara Candi Mendhut. Kurang lebih 15 menit perjalanan sampai di tempat dari Candi Mendhut. Sampainya di tempat loket mahasiswa masuk dengan antri satu persatu dan akhirnya semuanya didalam dan langsung menaiki Candi Borobudur yang tinggi nan megah itu.

Banyak sekali aktifitas yang dilakukan oleh temen-temen KPI disana. Ada yang foto narsis, foto bareng bule dan ada juga foto kelompok. Saya lihat mereka sangat menikmati acara ini. Itu terlihat dari sikap dan tingkah laku mereka yang sangat menikmati lokasi dan bersenang.

Semoga Acara Studi Lapangan ini bisa bermanfaat bagi kita semua dan semoga ilmu yang didapat dari dialog dengan Bante bisa diterapkan terutama dalam menjalani hidup yang tidak meninggalkan syari'at Islam dan mau bertoleransi dengan sesama walaupun beda agama.**

Heru Cahyono, Mahasiswa Fakultas Dakwah Prodi KPI, UIN SUKA Yogyakarta 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar