Minggu, 22 Mei 2011

Temukan Image Unity Anda


Untuk mendapatkan dan mempertahankan jumlah pemirsa, seorang presenter harus tampil berbeda dari presenter lainnya. Hal ini sangat penting. Selain wajib memiliki sebuah ciri khas tersendiri, seorang presenter profesional juga perlu memiliki kepribadian, yang mudah diingat dan dikenali orang lain.

Yang dimaksud di sini adalah sebuah kepribadian yang hanya identik dengan dirinya sendiri. Oleh karena itu, biasanya seorang TV Presenter ternama selalu berusaha membangun image unity. Image unity artinya gambaran sebuah kepribadian secara utuh.
Kepribadian yang utuh adalah kepribadian dengan lima aspek yang selaras secara keseluruhan. Kelima aspek itu adalah :
1. Customing (cara berpakaian)
2. Scripting (pemilihan kata-kata)
3. Voice (suara)
4. Motion (gerakan tubuh)
5. Content (isi)

Hal pertama yang perlu kita lakukan untuk mendapatkan sebuah image unity adalah, memilih karakter yang sesuai dengan keinginan kita, dan paling disukai oleh orang lain di sekitar kita. Pintar, humoris, ramah, kalem, luwes, rame, cuek atau feminine, yang paling sesuai dengan diri Anda?

Salah satu cara untuk dapat mempertahankan image unity yang sudah kita bangun adalah dengan memilih karakter yang betul-betul sesuai dengan kepribadian asli kita, tidak hanya dengan kepribadian yang kita inginkan. Sebab, pemirsa tidak dapat dibohongi. Bila sebenarnya Anda mempunyai kepribadian yang kalem, tetapi Anda ingin terlihat ramah di depan kamera, sebaiknya Anda tidak berpura-pura tampak lincah dengan berlebihan.

Sebaik apapun Anda memerankan sebuah karakter, sebagian dari kepribadian Anda yang asli akan muncul, dan pemirsa dapat melihatrnya dengan jelas.

Penting artinya untuk mempercayai audiens Anda. Yakinlah bahwa mereka akan menerima Anda apa adanya. Tunjukkan karakter Anda yang positif, terbukalah kepada mereka. Keterbukaan (vulnurability) ini berperan penting, dalam membangun sebuah hubungan yang baik antara Anda dengan pemirsa di mana saja.

Tetapi, ada beberapa hal tertentu yang sebaiknya Anda simpan untuk diri Anda sendiri. Jangan mengeluh dan menceritakan masalah pribadi Anda, yang tidak ada kaitannya dengan acara (isi) yang sedang Anda bawakan! Teruslah dan jangan bosan berlatih!

(Dikutip dan disunting dari materi promosi IBSC TV Presenter. Info lebih lengkap dapat menghubungi info@ibsctvpresenter.com atau mengklik http://www.ibsctvpresenter.com/)

Heru Cahyono, Mahasiswa Fakultas Dakwah Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN SUKA Yogyakarta 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar