Minggu, 22 Mei 2011

Berkomunikasi Dengan Efektif


Untuk berkomunikasi dengan efektif pada saat presentasi, membawakan acara, menjadi presenter atau host sebuah acara, diperlukan skill khusus. Di bawah ini diberikan jurus jitu agar membuat komunikasi Anda menjadi jauh lebih efektif.

1. Strategy
Strategi ini mencakup bagaimana cara mengatasi kegugupan, menerima umpan balik, memperjelas citra diri serta menepis bias ketika menyampaikan informasi. Kata kunci di sini adalah pahami bahwa proses komunikasi adalah proses dua arah, memahami dan menguasai pesan yang akan disampaikan, serta pahami bagaimana berbicara, bukan apa yang akan dibicarakan.

2. High Energy
Walaupun style setiap orang berbeda dalam presentasi, tetapi presentasi dengan high energy dan high focus adalah syarat yang tidak bisa ditawar.

3. Intensity of Eye Contact
Lebih dari separuh, atau 58 persen keberhasilan proses komunikasi, ditentukan oleh komunikasi visual. Selalu pandang mata audience Anda dengan intensitas mata yang cukup.

4. Transfer Of Feeling
Berkomunikasi dengan baik membutuhkan kasih tanpa syarat. Anda tidak mungkin berkomunikasi dengan baik jika Anda tidak jujur. Jika ada hal yang tidak mengenakkan untuk disampaikan, ingat speak always the truth but do it in love…be patient, be humble and be kind.

5. Body Language
Komunikasikan pesan Anda dengan bahasa tubuh yang sesuai dengan kondisi pesan yang disampaikan, serta tidak berlebihan.

(Dikutip dan disunting dari materi promosi IBSC TV Presenter. Info lebih lengkap dapat menghubungi info@ibsctvpresenter.com atau mengklik www.ibsctvpresenter.com)

Heru Cahyono, Mahasiswa Fakultas DAkwah Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN SUKA Yogyakarta 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar