Sabtu, 14 Mei 2011

KPI 2010 Grebeg Museum Affandi



Yogyakarta, Sabtu 14 Mei 2011. Mahasiswa Fakultas Dakwah Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam angkatan 2010 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan Grebeg Museum Affandi. Grebeg disini bukan karena Museum Affandi ada hal-hal yang tidak baik, tetapi Grebeg disini maksudnya studi lapangan dan penganalisaan tentang karya yang diciptakan oleh Affandi.

Kurang lebih 114 Mahasiswa datang ditempat ini untuk mengadakan studi lapangan pada mata kuliah Filsafat Ilmu. Disini mahasiswa diwajibkan untuk mengambil satu gambar/lukisan Affandi dan dikomentari serta dituliskan apa nilai-nilai yang terdapat di Lukisan/Gambar itu. Selain mengamati berbagai lukisan yang ada di ruang museum pertama dan kedua serta ketiga. Mahasiswa juga diperlihatkan video proses pembuatan lukisan diruang ketiga.

Tak mau kehilangan moment hampir semua mahasiswa berfoto-foto dilokasi ini. Ada yang berfoto diruangan dekat Lukisan, ada yang di taman dan ada juga diruang-ruangan peninggalan pada masa Affandi hidup seperti Mushola.

Makam Affandi tidak jauh dari lokasi museum ini, letaknya di antara ruang pertama dan kedua tepatnya di taman sebelah kanan pintu masuk ruang museum pertama. Setelah seluruh mahasiswa menyelesaikan dan mengumpulkan tugas mereka langsung bergegas pulang untuk meninggalkan museum ini.



Museum ini masih dikelola pihak swasta, jadi biaya perawatan dan karyawan ini tergantung oleh pemasukan uang dari para pengunjung dan donatur orang-orang yang memberikannya ke museum ini. Maka dari itu saya mengajak anda sekalian untuk turut serta mengayomi museum ini.Agar museum ini tetap hidup dan ada disepanjang masa. Semoga bermanfaat,..

Heru Cahyono, Mahasiswa Fakultas Dakwah Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN SUKA Yogyakarta 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar