Kamis, 11 Agustus 2011

Komunikasi Bermedia Internet

• Komunikasi menggunakan media internet secara teknis dan fisik merupakan fenomena baru proses komunikasi yang dilakukan manusia pada akhir abad 20 dan telah menjadi bagian integral dari masyarakat, pendidikan, industri dan pemerintahan. Sedangkan secara akademis komunikasi bermedia internet merupakan konsep dan area studi yang relatif masih dan baru belum banyak tersentuh.
• Jhon December mendifinisikan sebagai telekomunikasi dengan menggunakan komputer dalam bentuk massa.

• Sedangkan terminologis aplikatifnya, komunikasi bermedia internet adalah penggunaan komputer beserta fasilitas dan kemampuannya untuk didayagunakan sebagai alat penyampai pesan baik bersifat massa ataupun pribadi”.
Secara Rinci Komunikasi Bermedia Internet Dalam Proses Penggunaannya Dapat
Diuraikan sebagai berikut
• Aktivitas dan proses Komunikasi bermedia internet
• Level dan konteks komunikasi bermedia internet
• Prespektif lintas budaya

Aktivitas & Proses Komunikasi Bermedia Internet Meliputi :
• Menciptakan pengertian dengan menulis “surat” melalui E-mail, menuliskan kata-kata pada waktu yang sama dalam komunitas Chatting, serta menciptakan web sites melalui penciptaan file multimedia.
• Menyebarkan pengertian melalui komunikasi point to point (E-mail), dan komunikasi point to multi point (IRC, Web site).
• Merasakan arti dalam teks dan multimedia pada web sites, e-mail dan IRC.
• Berpartisipasi dalam forum untuk berkomunikasi yang merupakan awal penjelajahan karakteristik komunitas seperti tujuan bersama, norma-norma dan tradisi.

Level dan Konteks Komunikasi Bermedia Internet :
• Pada level individual, pengguna menggunakan internet tools untuk mencari dan menerima informasi dan berkomunikasi dengan pengguna lain. Electronic mail adalah fasilitas yang paling banyak digunakan pada level ini.
• Pada level group communications, Electronic mail masih tetap digunakan dalam bentuk list server atau mailng list serta penggunaan IRC.
• Pada level komunikasi massa adalah fasilitas broadcast on line yaitu website identik dengan komunikasi di level ini.

Konsep-Konsep Komunikasi Bermedia Internet
• Konsep-konsep komunikasi dalam e-mail
• Konsep-konsep komunikasi dalam fasilitas Internet Relay Chat (IRC)
• Unsur Komunikasi Dalam Fasilitas Web Browser.

Unsur Komunikasi Dalam Fasilitas Web Browser
• Fasilitas web browser pada dasarnya merupakan tempat atau sarana untuk menyampaikan atau tempat pajanan berbagai informasi (eksposure) oleh suatu institusi ataupun perseorangan.
• Web adalah tempat memajang informasi secara on line dan bersifat virtua (maya) yang memiliki kaitan (link) informasi tidak terbatas (berujung).

Informasi dalam web secara umum dapat dikategorikan menjadi 3 macam
• Informasi yang bersifat umum (berita on line, info pelayanan umum dan sebagainya),
• Kemudian informasi khusus (web dengan isi informasi tentang suatu lembaga, atau informasi dalam berbagai kategori),
• Sedangkan yang terakhir adalah informasi komersial.


Heru Cahyono, Mahsaiswa Fakultas Dakwah Prodi KPI UIN SUKA Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar